PKM Dosen Prodi Teknik Kimia : “Pengolahan Air Menggunakan Saringan Cepat (Rapid Filter) Dengan Sistem Pencuci Balik (Backwash) Di SMA Negeri 1 Jejawi OKI”

Air merupakan kebutuhan primer bagi manusia, namun seiring dengan bertambahnya populasi manusia yang semakin meningkat membutuhkan lebih banyak air bersih. Sampai saat ini penyediaan air bersih memiliki tantangan yang semakin besar karena semakin kompleks dan beragamnya masalah air baik yang bersifat kuantitas maupun kualitas. Tantangan lainnya adalah terjadi perubahan kebutuhan air baik dari sisi kualitas untuk kesehatan maupun dari sisi persyaratan operasi suatu proses tertentu (misalnya proses industri). Dengan semakin berkembangnya teknologi maka diperlukan bermacam metoda dan teknik pengolahan air yang dipandang tepat, efektif dan ekonomis. Penyediaan air bersih dapat diterapkan dengan teknologi berskala besar maupun teknologi sederhana yang bersifat individual treatment, yang secara teknis tidak membutuhkan biaya tinggi, bahan-bahan bakunya mudah diperoleh dan setiap orang bisa mengaplikasikannya.

Di pimpin oleh ketua tim Bapak Muhrinsyah Fatimura, S.T., M.T.,  dengan anggota : 1. Dr. Ir. Muhammad Bakrie, M.T., 2, Aan Sefentry, S.T., M.T., 3. Nurlela, S.T., M.T., 4. Rully Masriatini, S.T., M.T ., 5. Reno Fitriyanti, S.T., M.Si., 6. Husnah, S.T., M.T., 7, Ir. Agus Wahyudi, M.M., dengan mengusung tema “ Pengolahan Air Menggunakan Saringan Cepat (Rapid Filter) Dengan Sistem Pencuci Balik (Backwash)”,  Dosen Fakultas Teknik Prodi Teknik Kimia telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk memberikan pemaparan dan pengenalan alat pengolahan air penyaring cepat dengan menggunakan alat yang dirancang sendiri oleh dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Kimia kepada para pelajar SMA Negeri 1 Jejawi OKI, pada hari Rabu tanggal 16 Desember 2020. Alat ini dapat dapat memproses kekeruhan air sungai menjadi air jernih dan bersih. Setelah diisi dengan pemaparan dan pengenalan alat, pada kesempatan ini pula dosen Prodi Teknik Kimia melakukan pendemonstrasian tata cara penggunaan  alat penyaring cepat tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini memberikan solusi dan membantu masyarakat dalam menangani permasalahan akan kebutuhan air bersih dan sehat yang memenuhi standar mutu.

Selain diisi dengan kegiatan PKM, dalam kegiatan ini telah terjalin kesepahaman dan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara pihak Universitas PGRI Palembang dan SMA Negeri 1 Jejawi OKI. Berkas Nota kesepahaman ini ditandatangi oleh Rektor Universitas PGRI Palembang dalam hal ini diwakili oleh Dekan Fakultas Teknik Bapak Adiguna, S.T., M.Si dan Kepala SMA Negeri 1 Jejawi OKI Bapak Hairul Edy Edwar, S.Pd., M.Si. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan kedepannya kedua belah pihak dapat meningkatkan kerjasama dalam pelaksanaan penyelengaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia dan lembaga.

Pada kegiatan PKM ini juga telah dilaksanakan sosialisasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas PGRI Palembang di sertai dengan tes kemampuan para pelajar dan tanya jawab.

 

CategoriesUncategorized