PKM Dosen Teknik Elektro : “Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif” di SMK Tri Dharma Palembang

Energi mempunyai peranan penting dalam pencapaian tujuan sosial, ekonomi dan lingkungan untuk pembangunan berkelanjutan serta merupakan pendukung bagi kegiatan ekonomi nasional. Penggunaan energi di Indonesia meningkat pesat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk. Sedangkan akses ke energi yang andal dan terjangkau merupakan prasyarat utama untuk meningkatkan standar hidup masyarakat.

 

Energi fosil sebagai andalan utama energi Indonesia hingga saat ini ketersediaannya menyusut dari hari ke hari, sementara laju permintaan selalu meningkat. Untuk itu berbagai alternatif diupayakan untuk menghadapi kelangkaan energi di masa depan. Energi baru dan terbarukan telah menjadi harapan masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan energi masa depan, khususnya energi listrik. Saat ini, hampir semua umat manusia di dunia menggantungkan berbagai macam aktivitasnya kepada tenaga listrik. Dari mulai penerangan, perangkat eletronik sampai ke mesin – mesin produksi semuanya saat ini telah mengandalkan energi listrik sebagai sumber tenaga penggeraknya. Tanpa energi listrik, kehidupan manusia saat ini akan mengalami banyak kemunduran atau pun hambatan. Energi listrik pada dasarnya merupakan salah satu bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya energi dan dapat diubah menjadi bentuk energi lainnya. Seperti yang kita ketahui bersama, energi memiliki sifat kekal dan hanya berubah bentuk saja (tidak akan musnah). Guna menunjang pemenuhan energi listrik diperlukan energi alternatif salah satunya dengan memanfaatkan energi tenaga surya. Energi ini dianggap ramah lingkungan sehingga pengembangannya sangat dinantikan agar kelak berperan menjadi andalan utama pasokan energi nasional.

Di pimpin oleh ketua tim Ibu Emidiana, S.T., M.T.,  dengan anggota : 1. Ir. M. Saleh Al Amin, M.T., 2, Nita Nurdiana, S.T., M.T., 3. Perawati, S.T., M.T., 4.Irine Kartika F, S.T., M.T ., 5. Yudi Irwansi, S.T., M.T., didampingi oleh ibu Yuni Rosiati, S.T., selaku pembantu pimpinan beserta mahasiswa Prodi Teknik Elektro Universitas PGRI, melaksanakan PKM di SMK Tri Dharma Palembang pada hari Senin tanggal 21 Desember 2020, dengan mengusung tema “Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif. Dalam kegiatan PKM ini dosen Prodi Teknik Elektro memberikan pemaparan dan pembelajaran tentang energi listrik alternatif dengan menggunakan panel surya atau solarcell kepada para pelajar SMA Tri Dharma Palembang. Selain dengan penjelasan teori para siswa juga diberikan kesempatan secara langsung menyaksikan praktek bagaimana cara pemanfaatan energi tenaga surya melalui alat yang telah disiapkan oleh Dosen Prodi Teknik Elektro. Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan banyak manfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan para siswa mengenai kelistrikan, terutama mengenai pemanfaatan energi listrik terbarukan.

CategoriesUncategorized