Yudisium dan Pelantikan Sarjana S-1 Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Ke-44 Semester Genap Tahun Akademik 2022 /2023

Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang (UPGRIP)pada hari Selasa tanggal 5 September 2023 melaksanakan  acara Yudisium dan Pelantikan Sarjana ke-44 semester genap Tahun Akademik 2022/2023. Sebanyak 43 (empat puluh tiga) orang mahasiswa/i yang terdiri dari Program Studi Teknik Elektro 6 (enam) orang, Program Studi Teknik Kimia 22 (dua puluh dua) orang dan Program Studi Teknik Sipil 15 (lima belas) orang, telah dikukuhkan menjadi sarjana teknik di hari istimewa tersebut.

Upacara yudisium dan pelantikan sarjana Fakultas Teknik ke-44 dilaksanakan di Aula Drs. H. Aidil Fitri Syah, M.M  lantai 5 Gedung Business dan Science Center UPGRIP, dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Teknik UPGRIP Ir. Amiwarti, S.T., M.T, dihadiri oleh Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., diwakili oleh Wakil Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Drs. Djama’ani Djakfar, M.Pd.,  Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., Wakil Rektor III Assoc. Prof.  Drs. Sukardi, M.Pd., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, perwakilan Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Dekan Fakultas Saint dan Teknologi, perwakilan Kepala BPAAM, Ka. UPT. Perpustakaan, Ka. UPT. BSC, jajaran pimpinan di Fakultas Teknik baik Wakil Dekan, Ketua Program Studi, dosen tetap, segenap tenaga kependidikan dan  mahasiswa serta tamu undangan.

Acara dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Yudisium ke-44 oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik Abdul Azis, S.T., M.T serta pengalungan gordon kepada peserta Yudisium.. Pada Yudisium Fakultas Teknik ke-44 ini, mahasiswa yang lulus dengan predikat Dengan Pujian sebanyak 6 orang, tampil sebagai lulusan terbaik atas nama Eko Prayoga dari Program Studi Teknik Elektro. Sampai saat ini Fakultas Teknik telah meluluskan sebanyak 768 sarjana. Kemudian acara dilanjutkan pelantikan sarjana baru dan penandatanganan naskah pelantikan  oleh dekan serta penyerahan berita acara alumni baru oleh Wakil Dekan kepada  Ketua Ikatan Alumni Fakultas Teknik Oka Taraga, S.T.

Memasuki acara selanjutnya penyerahan sertifikat penghargaan kepada lulusan dengan predikat Dengan Pujian. Pada kesempatan ini berkenan Wakil Ketua BPH PB PGRI Drs. Djama’ani Djakfar, M.Pd memberikan sertifikat kepada Bilal Habillah, Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR kepada Aldo Geshen Pratama, Wakil Rektor III Assoc. Prof.  Drs. Sukardi, M.Pd kepada M. Yoga Pratama, Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T kepada Eko Prayoga, Wakil Dekan Fakultas Teknik Abdul Azis, S.T., M.T kepada Bilal  Habillah dan Rully Masriatini, S.T., M.T kepada Fitrahul Qolby.

Dalam sambutannya Eko Prayoga mengucapkan terima kasih kepada Rektor, Wakil Rektor, pimpinan dan pengelola di lingkungan Fakultas Teknik yang senantiasa membantu baik dalam bidang akademik, proses registrasi, bantuan di bidang organisasi kegiatan mahasiswa. “Dan tak lupa kami sampaikan rasa terima kasih kepada para dosen atas bimbingan , ilmu dan jasa yang telah di berikan kepada kami semoga segala ilmu yang telah kami terima bisa diaplikasikan dan sebarkan sehingga berguna bagi sesama. Dan berharap dapat mengembangkan dan menerapkan ilmu di bidang teknologi di lingkungan kerja, masyarakat demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa, sehingga Fakultas Teknik UPGRIP menjadi lebih unggul dari Fakultas Teknik yang ada pada Perguruan Tinggi lainnya,” pungkasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T menyampaikan pada yudisium dan Pelantikan Sarjana S-1 Fakultas Teknik ke- 44 diikuti sebanyak 43 orang, yang terdiri dari prodi teknik elektro 6 orang, prodi teknik kimia 22 orang dan prodi teknik sipil 15 orang. Selain itu Amiwarti juga mengucapkan selamat kepada sarjana baru Fakultas Teknik dan dharma bakti anda telah ditunggu oleh keluarga, masyarakat serta negara dan terima kasih kepada orangtua yang telah menitipkan dan mempercayakan kalian kepada kami. “Muliakanlah orang tuamu, muliakanlah guru-gurumu, teruslah belajar dan berkarya karena manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Semoga Fakultas Teknik terus bisa memberikan sumbangsih yang baik kepada masyarakat”, tungkas Amiwarti menutup laporannya.

Sementara itu dalam sambutannya Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR mengatakan,” Jagalah ahlak, karena dengan mempunyai ahlak yang baik kita akan dapat diterima dengan baik pula oleh masyarakat. Tinggalkan hal-hal yang tidak baik dan jagalah nama almamater. Semoga Fakultas Teknik menjadi fakultas yang semakin berkembang serta Fakultas Teknik menjadi fakultas yang disenangi, dikagumi dan dikenal oleh masyarakat. Sampaikan kepada seluruh keluarga dan sahabat untuk kuliah di UPGRIP”. Rektor juga menyampaikan tentang kebijakan baru yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Permendikbud Ristek tentang skripsi bukan lagi syarat wajib lulus kuliah. Menurutnya, skripsi bukan di hapus tetapi diganti menjadi tugas akhir yang nilai sks nya setara dengan membuat skripsi. Selain itu Rektor juga memberikan penjelasan apa saja yang telah dibenahi dalam hal sarana prasarana penunjang pembelajaran dan yang akan dilaksanakan di UPGRIP.

Kemudian Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua BPH PB PGRI Drs. Djama’ani Djakfar, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, agar para alumni dapat berkiprah dan membanggakan fakultas teknik di dunia luar. “Selamat kepada para yudisiawan yang sudah dilantik menjadi Sarjana Teknik. Sarjana harus mempunyai hardskill dan softskill yang beriringan. Setinggi apapun ilmu tanpa etika yang baik tidak akan berguna. Regulasi atau tuntutan zaman sekarang menghendaki kita untuk mengikuti kemajuan dengan meningkatkan kualiatas yang kita miliki. Jaga nama baik almamater dan teruslah belajar serta tentukan arah hidup dari sekarang karena dunia meminta kita untuk melakukan itu.

Memasuki acara terakhir pada yudisium dan pelantikan sarjana Fakultas Teknik di bacakan pesan dan kesan yang terpilih dari Alumni Baru Fakultas Teknik selama menjalani masa perkuliahan di Fakultas Teknik UPGRIP.

Setelah semua prosesi yudisium selesai bertempat di lapangan parkir depan Gedung D Fakultas Teknik UPGRIP dilaksanakan dan sesuai dengan tradisi yang dimiliki fakultas teknik, acara dilanjutkan dengan pemandian sarjana baru.  Sebelum pelaksanaan pemandian terlebih dahulu dilakukan pemberian tandatangan kepada sarjana baru oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua GPM dan segenap pejabat pengelola yang ada di lingkuagan Fakultas Teknik UPGRIP.