Pelatihan Submit Jurnal dan Cek Plagiat Prodi Teknik Kimia

Salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi adalah melalui peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi. Peranan perguruan tinggi dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya berasal dari kontribusi lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan.

Jurnal ilmiah adalah publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Publikasi hasil penelitian merupakan bagian penting dari metode ilmiah. Penulis artikel jurnal ilmiah mendeskripsikan eksperimen atau rumus tertentu dengan memberikan detail yang cukup sehingga peneliti independen dapat mengulangi eksperimen atau rumus tersebut untuk memverifikasi hasil. Setiap artikel jurnal ilmiah menjadi bagian dari catatan ilmiah permanen.

Fakultas Teknik Prodi Teknik Kimia Universitas PGRI Palembang pada hari Senin tanggal 25 Januari 2021 bertempat di ruang dosen Fakultas Teknik mengadakan pelatihan submit jurnal dan cek plagiat yang diikuti oleh mahasiswa prodi teknik kimia yang sedang dalam proses skripsi.  Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Kaprodi Teknik Kimia Bapak Muhrinsyah Fatimura, S.T., M.T.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa prodi teknik kimia. Penulisan artikel ilmiah yang baik sangatlah penting. Selain untuk pemeriksaan plagiasi, artikel ilmiah yang dipublikasikan online juga akan dibaca oleh banyak orang dan membawa kredibilitas nama penulis yang tercantum termasuk dosen pembimbing serta fakultas dan universitas asal penulis. Harapannya dengan artikel ilmiah yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas Fakultas Teknik Prodi Teknik Kimia dan mendorong pengembangan penelitian serta pemberian kontribusi untuk peningkatan sumber daya penelitian dalam bidang teknologi informasi. Sehingga, mahasiswa akan menghasilkan karya ilmiah yang baik, bisa memenuhi standar kualitas jurnal dan validitas ilmiah.

CategoriesUncategorized