Pelatihan Cara Membuat Artikel Ilmiah dan Submit Ke Jurnal OJS Prodi Teknik Elektro

Salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi adalah melalui peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi. Peranan perguruan tinggi dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya berasal dari kontribusi lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan.

Jurnal ilmiah adalah sebuah publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh suatu organisasi profesi atau institusi akademik yang memuat artikel- artikel yang merupakan produk pemikiran ilmiah secara empiris (artikel hasil penelitian) maupun secara logis (artikel hasil pemikiran) yang memuat hasil kegiatan bidang keilmuan tertentu, baik berupa hasil pengamatan empirik maupun kajian konseptual, yang bersifat penemuan baru, maupun koreksi, pengembangan, dan penguatan terhadap paradigma, konsep, prinsip, hukum, dan teori yang sudah ada.

Fakultas Teknik Prodi Teknik Elektro Universitas PGRI Palembang pada hari Rabu tanggal 27 Januari 2021 bertempat di Aula Fakultas Teknik mengadakan pelatihan Pelatihan Cara Membuat Artikel Ilmiah dan Submit Ke Jurnal OJS yang diikuti oleh mahasiswa prodi teknik elektro yang sedang dalam proses skripsi.  Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Kaprodi Teknik Elektro Ibu Emidiana, S.T., M.T., dan Nita Nurdiana, S.T., M.T.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa prodi teknik elektro. Penulisan artikel ilmiah yang baik sangatlah penting. Selain untuk pemeriksaan plagiasi, artikel ilmiah yang dipublikasikan online juga akan dibaca oleh banyak orang dan membawa kredibilitas nama penulis yang tercantum termasuk dosen pembimbing serta fakultas dan universitas asal penulis. Harapannya dengan artikel ilmiah yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas Fakultas Teknik khususnya Prodi Teknik Elektro dan mendorong pengembangan penelitian serta pemberian kontribusi untuk peningkatan sumber daya penelitian dalam bidang teknologi. Sehingga, mahasiswa akan menghasilkan karya ilmiah yang baik, bisa memenuhi standar kualitas jurnal dan validitas ilmiah.

 

CategoriesUncategorized