FT Menjadi Fasilitator Penandatanganan MOU antara UPGRIP dengan UNITEN

Dengan moto “Melaju Dengan Mutu” Universitas PGRI Palembang mengedepankan pendidikan yang bermutu dalam proses belajar mengajar. Pendidikan bermutu memerlukan proses pembelajaran yang berstandar  yang diselenggarakan secara sistematis dan berkesinambungan. Pendidikan yang bermutu menghasilkan manusia yang unggul, berdaya saing dan berkarakter dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berbasis mutu sesuai dengan visi misi Universitas PGRI Palembang.

Dalam upaya memberikan pendidikan bermutu yakni dengan cara peningkatan kualitas perguruan tinggi, salah satu cara meningkatkan kualitas tersebut dengan bekerjasama serta berkolaborasi dengan perguruan tinggi lain. Guna mejembatani hal tersebut Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang berinisiatif menjadi fasilitator menghubungkan dua perguruan tinggi yang berbeda negara untuk saling bekerjasama dan berkolaborasi dalam hal  Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kerjasama dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia, antara Universitas PGRI Palembang  (UPGRIP) bersama Universiti Tenaga Nasional Malaysia (UNITEN)  resmi berlanjut pada hari Jumat (08/09/2023) di ruang 406 Gedung Business and Science Center UPGRIP. Dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) langsung oleh Rektor UPGRIP Assoc. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, SE., MM., CIQaR dengan Prof. Dato’ Ir. Dr. Norashidah Bt Md Din (Director Institute of Energy Infrastructure, UNITEN), serta disaksikan oleh Kabiro LPPKM Dr. Rohana, M.Pd., Kabiro BPAM Dr. Misdalina, M.Pd., Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T., para Dekan, Wakil Dekan di lingkungan Universitas PGRI Palembang, Direktur Pascasarjana diwakili oleh Kabag TU, jajaran dosen di lingkungan Fakultas Teknik UPGRIP serta pejabat dan pengelola Fakultas Teknik. Dari UNITEN dihadiri Assoc. Prof P. Geol Dr Rohayu Che Omar, Gs. Dr. Fathoni Usman, ASEAN Eng, Dr Siti Noratiqah Mohamad Deros (Post Doctoral Researcher), Dzahir Rashidi Mohd Dzaki (Research Assistant), Mohamad Razin Naim Mohd Alian (Research Assistant).

MoU tersebut menjadi landasan bagi kedua institusi pendidikan tinggi untuk bekerja sama dalam berbagai bidang penting. Melalui MoU ini, UPGRIP dan UNITEN akan memperkuat hubungan kolaboratif dalam menciptakan sinergi antara kedua lembaga pendidikan. Kerjasama ini akan mencakup berbagai aspek, seperti bidang Pendidikan dan Penelitian, Pertukaran profesor dan dosen, Pelatihan staf, Pertukaran mahasiswa, Pertukaran bahan dan informasi ilmiah, Pengawasan bersama, Penulisan bersama buku dan makalah, Publikasi bersama, konferensi dan seminar, Gelar ganda dan gelar bersama dan Bidang-bidang lain yang terkait.

Pada kesempatan tersebut Rektor UPGRIP Assoc. Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, SE., MM., CIQaR menyambut baik MoU yang dilakukan bersama UNITEN. Dengan sumber daya manusia yang mumpuni disertai ketersediaan fasilitas pendukung yang sangat memadai, UPGRIP dan UNITEN berpotensi membuka peluang baru bagi penelitian dan kolaborasi ilmiah antara kedua institusi. “Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak UNITEN yang mau bekerjasama dengan UPGRIP, semoga kerjasama ini berlanjut menjadi MOA dan IA. Terima kasih dan selamat datang di kampus UPGRIP”.

Senada dengan itu Director Institute of Energy Infrastructure, UNITEN Prof. Dato’ Ir. Dr. Norashidah Bt Md Din mengaku bangga bisa kerjasama dengan UPGRIP. “Semoga kerjasama yang terjalin antara kedua universitas memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas pendidikan serta pengembangan sumber daya manusia di universitas masing-masing. Setelah naskah kerjasama ini ditandatangani ada tindaklanjut berupa Memorandum of Agreement (MoA)  karena tanpa MoA, MoU tidak ada manfaatnya. Terima kasih kepada pihak UPGRIP yang telah menerima kami dengan baik, kami sangat tidak menyangka mendapat sambutan yang luar biasa seperti ini’, ujar Prof. Dato’ Ir. Dr. Norashidah Bt Md Din menutup sambutannya.