Sosialisasi Implementasi MBKM

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan baru dari Kementerian, yang secara signifikan mengubah sistem pembelajaran sehingga perlu adanya penyesuaian. Program ini dicanangkan guna mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang keilmuwan sesuai bakat dan minatnya sebagai bekal memasuki dunia kerja. Program MBKM adalah program bertujuan untuk mendorong mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dengan berbagai kompetensi tambahan di luar program studi dan/atau di luar kampus-nya. Selain itu tujuan MBKM adalah menyiapkan lulusan Perguruan Tinggi yang memiliki soft skills maupun hard skills yang matang dan relevan dengan kebutuhan zaman serta untuk menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Mahasiswa bisa belajar bukan hanya melalui kuliah di dalam kelas tapi juga bias melaksanakan Program Kampus Merdeka, yakni : Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang Bersertifikat, Studi Independen, Wirausaha Merdeka, Indonesian Internasional Student Mobility Awards, Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian, dan Wirausaha.

Untuk mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan meningkatkan partisipasi seluruh civitas akademika dalam Program MBKM, Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang melaksanakan Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada hari Sabtu (09/09/20230, di Aula Fakultas Teknik lantai 2 Gedung D Universitas PGRI Palembang. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T., Wakil Dekan Abdul Azis, S.T., M.T., Ketua Program Studi Teknik Elektro Emidiana, S.T., M.T.,  Ketua Program Studi Teknik Kimia Rully Masriatini, S.T., M.T., Ketua Program Studi Teknik Sipil Ir. Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM dan Himpunan Mahasiswa Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik.

Dengan adanya sosialisasi mengenai setiap program MBKM, mahasiswa akan lebih mudah memahami setiap proses setiap kegiatan program MBKM, mulai dari alur pendaftaran, proses kegiatan, hingga masalah konversi nilai. Mahasiswa juga akan lebih mudah memilih kegiatan dari program MBKM yang ingin diikuti sesuai minat dan bakatnya.