Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2023-2024

Sebelum memasuki kehidupan kampus, mahasiswa baru harus melalui kegiatan orientasi atau biasa disebut Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) terlebih dahulu. PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa, di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi, selain itu untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada suasana kampus baik itu meliputi sarana dan prasarana, teman, senior, hingga dosen dan tenaga kependidikan. Pada tahun ini PKKMB Fakultas Teknik dilaksanakan secara hybrid yaitu daring/online maupun luring/tatap muka, meski dilaksanakan secara hybrid tetapi tetap tidak mengurangi esensi kegiatan tersebut.

Dengan mengusung tema “Meningkatkan Generasi Muda yang Kritis, Kreatif, Aktif dan Inovatif”, Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang pada hari Kamis (14/09/2023)  telah melaksanakan PKKMB bertempat di Aula H. M. Ali Latief lantai 3 Gedung C Universitas PGRI Palembang. Kegiatan dibuka dan dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T, hadir dalam acara tersebut ketua panitia sekaligus Wakil Dekan Fakultas Teknik Abdul Azis, S.T., M.T., Para Ketua Program Studi, Dosen Tetap Yayasan Fakultas Teknik, pejabat dan pengelola fakultas teknik serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FT), Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM FT) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS FT) .

Acara di mulai dengan laporan pertanggungjawaban ketua pelaksana PKKMB Abdul Azis, ST., MT. Dalam laporannya menjelaskan tentang tujuan kegiatan, asas pelaksanaan, metode pelaksanaan, materi dan pemateri, dan rincian peserta.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, ST., M.T. Dalam sambutannya, dekan memberikan penjelasan mengenai Visi, Misi dan Struktur Organisasi Fakultas Teknik. “Terima kasih kepada segenap sivitas akademika Fakultas Teknik atas kesediaan waktu dan sumbangsihnya sehingga acara ini dapat terlaksana. Harapannya untuk mahasiswa baru untuk selalu tekun dan semangat dalam proses pembelajaran dan semoga kedepannya Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang dapat menghasilkan sarjana yang mempunyai keahlian yang mumpuni dan mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lain dalam memasuki dunia kerja. Selamat datang di Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang”, tungkas Amiwarti, S.T., M.T menutup sambutannya. Setelah memberikan sambutan dekan juga berkesempatan memperkenalkan dosen dan segenap pengelola Civitas Akademika Fakultas Teknik, sekaligus membuka PKKMB 2023 Fakultas Teknik.

Memasuki acara selanjutnya yaitu penyampaian materi, bertindak selaku narasumber pertama Ir. Herri Purwanto, ST., M.T., IPM  menjelaskan mengenai Peraturan Akademik dan Etika Berkampus. Kemudian materi kedua bertindak selaku narasumber Emidiana, ST., M.T memberikan penjelasan mengenai Pengenalan Sistem Perkuliahan Daring-Luring, Sistem Informasi (SISFO) Akademik dan Info Web Universitas dan Fakultas Teknik. Materi ketiga dengan narasumber Rully Masriatini, ST., M.T menyampaikan materi mengenai Garis Besar Kurikulum Kampus Merdeka di Lingkungan Fakultas Teknik. Setelah penyampaian materi acara di lanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan (Ishoma).

Setelah ishoma, acara dilanjutkan oleh mahasiswa yang memberikan penjelasan dan mengenalkan mengenai Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HPMS) FT dengan materi mengenai stuktur organisasi dan kegiatan seputar DPM, BEM dan HMPS FT, setelah segenap acara berlangsung dengan suasana penuh akrab, berbobot serta interaksi yang cukup aktif PKKMB Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang resmi ditutup oleh Dekan Fakultas Teknik.