Dosen FT Terpilih Mewakili UPGRIP Dalam Sosialisasi Manajemen Talenta Bidang Riset dan Inovasi

Tantangan global yang ada pada dunia saat ini selalu berubah dengan dinamis, sehingga memerlukan banyak penyesuaian. Untuk bisa menyesuaikan dengan perubahan yang ada, kita membutuhkan upaya ekstra untuk mencapainya. Peningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing global harus terus dilaksanakan, salah satu cara dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran serta riset dan inovasi, selain itu dengan cara mengelola dengan baik SDM yang dimiliki dengan menggunakan proses analisis, pengembangan, dan pemanfaatan talenta yang berkelanjutan dan efektif untuk memenuhi kebutuhan yang ada pada saat ini.

Untuk itu dalam rangka mewujudkan ekosistem riset dan inovasi nasional yang mampu menghasilkan luaran riset yang berdaya saing dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Deputi bidang SDM iptek BRIN menyelenggarakan Sosialisasi Program Manajemen Talenta Bidang Riset dan Inovasi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat (24/11/2023) di Cambridge Hotel Medan tersebut mengambil tema “Sosialisasi Program Manajemen Talenta SDM Periset Dan Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Riset Dan Teknologi” diikuti oleh Lembaga Pendidikan dan Universitas di Wilayah Kerja 1 BRIN daerah Sumatera meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, LLDIKTI Wilayah I dan LLDIKTI Wilayah II, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di LLDIKTI 2. Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dr. Ian Kurniawan, S.T., M.Eng., ASEAN.Eng yang juga merupakan Dosen Tetap Yayasan di Fakultas Teknik pada kesempatan ini terpilih untuk mewakili UPGRIP. Tidak hanya sekedar berpartisipasi tetapi Dr. Ian Kurniawan, S.T., M.ENG., ASEAN.Eng juga berperan aktif dalam memberikan saran dan pendapatnya mengenai manajemen talenta  riset dan inovasi.

Kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk menyelaraskan dan mensinergikan antara BRIN dan Perguruan Tinggi di Sumatera. Hal ini dimaksudkan agar ke depannya sinergitas dapat semakin kuat terjalin dalam rangka manajemen talenta di bidang riset dan inovasi dan pembinaan dalam jabatan fungsional yang lebih efisien dan efektif untuk kepentingan dan kebutuhan organisasi perangkat daerah. Selain itu kegiatan sosialisasi SDM Periset BRIN diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam kepada para pihak terkait tentang urgensi peningkatan kualitas SDM dalam mendukung visi dan misi BRIN dalam menggerakkan riset dan inovasi nasional. Sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah awal yang kokoh menuju pembentukan tim SDM yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan masa depan.