Pelatihan Penulisan Skripsi Fakultas Teknik TA. 2023/2024

Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang merupakan tugas akhir mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Dalam hal penulisan skripsi mahasiswa seringkali mendapat kesulitan untuk memahami kaidah penulisannya. Penulisan skripsi membutuhkan keterampilan dan kemampuan tertentu untuk merumuskan masalah, mengumpulkan data, menganalisis, dan menyajikan temuan. Berangkat dari hal tersebut dalam upaya untuk meningkatkan kualitas penulisan skripsi mahasiswa yang baik dan benar serta untuk membantu mahasiswa dalam memahami konsep dasar penulisan skripsi, Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang menyelenggarakan Workshop Penulisan Skripsi TA. 2023/2024.

Acara yang dilaksanakan pada hari Selasa (12/12/2023) di Aula H. Aidil Fitri Syah, Gedung Business and Science Center dibuka oleh Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd dan dihadiri Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T., Wakil Dekan sekaligus Ketua Pelaksana   Abdul Azis, S.T., M.T., Kepala Bagian Tata Usaha  Sri Mulyati, ST, M.Pd., Ketua Gugus Penjamin Mutu  Muhrinsyah Fatimura, ST, M.T., Ketua Program Studi Teknik Elektro Emidiana, S.T., M.T., Ketua Program Studi Teknik Sipil Ir. Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM., ASEAN.Eng., Ketua Program Studi Teknik Kimia Rully Masriatini, S.T., M.T., para narasumber, peserta serta tamu undangan lainnya.

Abdul Azis, S.T., M.T selaku ketua pelaksana kegiatan dalam laporannya menjelaskan bahwa pelaksanaan pelatihan penulisan skripsi berlangsung secara hybrid. Adapun peserta yang mengikuti sebanyak 101 mahasiswa, dengan rincian sebagai berikut : 26 mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro, 41 mahasiswa dari Prodi Teknik Kimia, 33 mahasiswa dari Prodi Teknik Sipil. Dari 101 mahasiswa yang kegiatan ini sebanyak 69 mahasiswa mengikuti secara luring dan 32 mahasiswa mengikuti secara daring. “Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang, melaksanakan, dan menyajikan suatu karya tulis ilmiah yang sistematis dan mendalam, agar para mahasiswa mampu melakukan penelitian berkualitas, dapat menyelesaikan skripsinya dengan baik dan lulus tepat waktu. Dengan adanya workshop ini mahasiswa mempunyai standar dalam melaksanakan penulisan skripsi, semoga workshop kali ini mampu menambah pengetahuan, mutu, prilaku dan kemampuan mahasiswa Fakultas Teknik”, ucap Abdul Azis mengakhiri laporannya.

Sementara itu Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan maksud dan tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk membantu mahasiswa dalam penulisan skripsi sehingga mempercepat kelulusan. Walaupun pada pelatihan nanti masih banyak yang bingung, tetapi dengan melalui mata kuliah metodologi penelitian dan teori yang mengarah ke penelitian mudah-mudahan semua dapat memahami. “Pada prinsipnya pihak rektorat sangat mendukung semua kegiatan yang dilakukan demi kebaikan mahasiswa. Gunakanlah karya-karya dari dosen yang ada di Fakultas Teknik dalam membuat kutipan, hal ini tidak lain untuk kepentingan kita semua. Harapannya dengan pelaksanaan workshop ini mahasiswa dapat menulis skripsi dengan cepat, baik dan benar sesuai dengan pedoman yang ada di Fakultas Teknik. Dengan ini, pelatihan penulisan skripsi TA. 2023/2024 saya buka”, pungkas Sukardi menutup sambutannya.

Tampil sebagai narasumber pertama, Ir. Amiwarti, S.T., M.T memaparkan materi tentang Kebijakan Akademik Fakultas Teknik dimoderatori oleh Dr. Ian Kurniawan, M.Eng., IPM., ASEAN.Eng. Kemudian dilanjutkan Emidiana, S.T., M.T  tentang Format Penulisan Skripsi dengan moderator oleh Dr. Ian Kurniawan, M.Eng., IPM., ASEAN.Eng. Selanjutnya Rully Masriatini, S.T., M.T tentang Prosedur dan Persyaratan Kegiatan Skripsi Mahasiswa, dimoderatori oleh  Aan Sefentry, S.T., M.T dan Setelah istirahat, acara dilanjutkan kembali, tampil sebagai narasumber keempat Ir. Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM., ASEAN.Eng tentang Sitasi, Format dan Submit Jurnal dengan moderator oleh Muhrinsyah Fatimura, ST, M.T.

Melalui pelatihan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang lebih luas dan perspektif yang berbeda, dan tentunya pelatihan penulisan skripsi bertujuan untuk memberikan panduan, bimbingan, dan dukungan kepada mahasiswa agar dapat memahami topik penelitian, metodologi penelitian, tujuan penelitian, metode penulisan sesuai dengan standar akademis yang telah ditetapkan di Fakultas Teknik.