Terus Berkontribusi, Dosen FT Berikan Solusi Pemanfaatan Air Hujan Guna Memenuhi Kebutuhan Air Bersih

Air merupakan materi esensial, merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Permasalahan yang timbul dan sering dijumpai bahwa kualitas air yang digunakan masyarakat kurang memenuhi syarat sebagai air minum yang sehat bahkan di beberapa tempat bahkan tidak layak untuk diminum. Penyediaan air bersih merupakan perhatian utama di banyak negara berkembang termasuk Indonesia, karena air merupakan kebutuhan dasar dan sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan umat manusia.

Kebutuhan air bersih semakin lama semakin meningkat, hal ini dikarenakan terjadinya kenaikan jumlah penduduk tiap tahunnya. Namun, kebutuhan air bersih yang semakin meningkat berbanding terbalik dengan ketersediaan sumber air bersih. Untuk itu diperlukan alternatif tambahan guna memenuhi kebutuhan tersebut. Air hujan dapat menjadi salah satu alternative sebagai sumber air bersih yang tersedia setiap musim hujan dan berpotensi untuk mengurangi tekanan terhadap pemakaian sumber air bersih (fresh water sources).

Turut memberikan kontribusinya Dosen Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang, Dr. Ian Kurniawan, M.Eng., IPM., ASEAN.Eng memberikan solusi bagaimana cara meningkatkan kualitas air hujan agar dapat dimanfaatkan demi memenuhi kebutuhan akan air bersih pada acara yang ditayangkan secara langsung oleh Stasiun TVRI Sumatera Selatan. Dalam acara “Suara Sriwijaya” pada hari Selasa (23/01/2024) pukul 14.00 WIB s.d. selesai, Dr. Ian Kurniawan, M.Eng., IPM., ASEAN.Eng  hadir sebagai narasumber bersama Andi Wijaya Adani (Dirut. Perumda Tirta Musi Palembang) dan bertindak sebagai host Rizkya Amrina.

Adapun beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan pemanfaatan air hujan antara lain : pembangunan tempat penampungan air hujan, penerapan teknologi pengolahan air secara sederhana, penggunaan teknologi ramah lingkungan, inovasi teknologi untuk peningkatan kualitas air dan pendidikan masyarakat tentang konservasi air.

Dengan mengadopsi solusi-solusi ini, diharapkan air hujan dapat menjadi sumber daya yang lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat langsung bagi kesejahteraan masyarakat serta air hujan tidak hanya dihasilkan dalam jumlah yang cukup, tetapi juga berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.