HIMATEKIM Fakultas Teknik UPGRIP Menjadi Tuan Rumah RAKORDA Ke-XVI BKKMTKI Daerah 1

Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia (BKKMTKI) Daerah 1menjadi salah satu agenda rutin yang diselenggarakan 2 tahun sekali yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi guna memberikan kontribusi positif dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, agama, dan teknologi khususnya dibidang keilmuan teknik kimia dalam kaitannya memecahkan permasalahan bangsa ini di masa yang akan datang, selain itu RAKORDA juga untuk mensinergikan program BKKMTKI.

Pembukaan Rakorda ke-XVI BKKMTI Daerah 1 pada hari Sabtu (07/10/2023) bertempat di Aula H. Usman Madjid lantai 5 Gedung Perpustakaan Universitas PGRI Palembang. Bertindak selaku tuan rumah dalam rakorda ke- XVI daerah 1 kali ini adalah Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEKIM) Universitas PGRI Palembang. Pembukaan dihadiri oleh  Wakil Rektor III UPGRIP Assoc. Prof. Sukardi. M.Pd., Dekan Fakultas Teknik Ir Amiwarti, S.T., M.T., Wakil Dekan Fakultas Teknik Abdul Azis, S.T., M.T., para Ketua Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik UPGRIP dan tamu undangan serta delegasi mahasiswa teknik kimia dari 11 universitas yang berasal dari : Lampung, Palembang, dan Jambi yang tergabung dalam anggota BKKMTKI Daerah 1. Dengan mengusung tema “Menumbuhkan Insan BKKMTKI Daerah 1 Dalam Membangun Negeri dan Sebagai Katalisator Dalam Mewujudkan Kejayaan Bangsa” dan di jadwalkan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 6 s.d 10 Oktober 2023 yang dipusatkan di Universitas PGRI Palembang.

Vemmy Aryandha selaku ketua pelaksana dalam laporan kegiatan memberikan penjelasan mengenai waktu pelaksanaan, jumlah dan asal peserta yang mengikuti kegiatan ini. “Terima kasih kepada pihak Universitas dan Dekanat Fakultas Teknik yang telah memberikan supportnya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana”. Senada dengan itu Reksa Kaunang Syahputra selaku Ketua Himatekim Fakultas Teknik UPGRIP dalam sambutannya mengatakan, “Selamat datang kepada para peserta rakorda ke-XVI semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar serta terima kasih kepada pihak Universitas dan segenap pimpinan dan pengelola Fakultas Teknik atas semua bantuannya”. Sedangkan Sekda BKKMTKI Daerah 1 Dolis Des Marshal Simanjuntak mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada dekanat Fakultas Teknik, “Saya merasa sangat kagum dan bangga kepada dekanat Fakultas Teknik UPGRIP yang telah meluangkan waktunya dalam memberikan arahan dan support dari mulai persiapan dan pelaksanaan pembukaan rakorda BKKMTKI Daerah 1 ini. Baru kali ini saya melihat para pejabat dan pengelola fakultas turun langsung untuk membantu panitia dalam menyiapkan suatu kegiatan rakorda BKKMTKI”.

Sementara itu, dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknik Ir. Amiwarti, S.T., M.T mengatakan, “Selamat datang kepada peserta rakorda yang datang dari berbagai daerah, terima kasih sudah mau hadir dan  semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, namun apabila dalam penyambutan dan pada saat pelaksanaan kegiatan ada kesalahan kami dari Dekanat Fakultas Teknik UPGRIP mohon maaf. Tetap jaga tali silahturahmi serta harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa”. Mewakili Rektor UPGRIP, Assoc. Prof. Sukardi, M.Pd selaku Wakil Rektor III dalam sambutannya mengatakan permohonan maaf dari Rektor yang pada kegiatan ini berhalangan untuk hadir,”Rektor sangat mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan oleh mahasiswa, semoga kegiatan pada hari ini dapat berjalan dengan lancar, sukses serta memberikan manfaat kepada kita semua. Dengan ini Rakorda ke- XVI BKKMTKI Daerah 1 resmi saya buka”.

Setelah acara pembukaan selesai dilaksanakan, acara selanjutnya yakni seminar. Dengan mengusung tema “Pemanfaatan Energi Biomassa Untuk Pengembangan Bauran Energi Baru Terbarukan”. Acara yang di moderatori oleh Dr. Ir. Neny Rochyani, M.T., IPM., ASEAN. Eng (Dosen Teknik Kimia Fakultas Teknik UPGRIP dan Bendahara PII Kota Palembang) menghadirkan 2 narasumber yang kompeten, yakni : Ir. Erna Yuliawati, MT., Ph.D., IPM (Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kota Palembang) dengan membawakan materi Pemanfaatan Energi Biomassa dan Dr. Ariansyah, M.T (Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Sumsel) dengan materi Pengembangan Energi Terbarukan di Indonesia.