Seminar Kepemimpinan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil

Pada hakikatnya semua manusia sudah memiliki yang namanya potensi menjadi seorang pemimpin, untuk menjadi seorang pemimpin harus mempunyai karakter kuat yang ada dalam dirinya, pada dasarnya jiwa kepemimpinan tidak bisa dimiliki secara singkat atau instan, butuh proses yang cukup panjang untuk mendapatkannya. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan, salah satunya melalui kompromi dan bertoleransi dengan sesama. Dengan semakin berkembangnya dunia saat ini, maka cara berfikir, tingkah laku, sikap, dan gaya hidup juga semakin berubah.

Mengingat pentingnya mengetahui bagaimana membangun jiwa kepemimpinan dan perlunya mahasiswa untuk memahami lebih lanjut dalam menambah pengetahuan tentang itu, Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang mengadakan kegiatan Seminar Kepemimpinan, dengan mengusung tema “Peran Mahasiswa Dalam Membangun Jiwa Leadership Di Bidang Teknik Sipil”.

Kegiatan seminar ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Sipil Days Jilid II 2023, dilaksanakan pada hari Senin (6/11/2023), bertempat di Aula H. Aidil Fitrisyah ini di hadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Amiwarti, S.T., M.T dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Abdul Azis, S.T., M.T, Kaprodi Teknik Sipil Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM, mahasiswa dan tamu undangan.

Menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidang kepemimpinan, yakni 1. Ir. H. Akhmad Bastari ST., MT., IPM., ASEAN Eng (Kepala Dinas PUPR Kota Palembang) diwakili oleh Sekretaris Dinas Faisal Riza, ST.,MT., 2. Ir. Adiguna, S.T., M.Si dengan moderator Wahyu Dwi Nanda, S.T. Kegiatan seminar yang berlangsung penuh antusias, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa, ditutup dengan penyerahan piagam kepada moderator, para narasumber dan poto bersama.

Dengan adanya seminar kepemimpinan ini, diharapkan peserta akan belajar tentang berbagai aspek penting dalam kepemimpinan, seperti pengembangan visi dan misi, keterampilan komunikasi yang efektif, manajemen waktu, pengambilan keputusan, manajemen konflik, dan kepemimpinan berkelanjutan.