Lomba Miniatur Pembangunan Masa Depan

Lomba miniatur pembangunan masa depan merupakan sebuah kompetisi yang mendorong para peserta untuk menciptakan dan merepresentasikan visi mereka tentang bagaimana dunia akan terlihat di masa mendatang. Lomba semacam ini sering kali melibatkan peserta-peserta untuk membuat miniatur atau model dari struktur atau teknologi yang diharapkan akan menjadi kenyataan di masa depan, selain itu untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, seni, dan desain.

Hari kedua pelaksanaan Civil Days Jilid II tahun 2023 (07/11/2023) mempertandingkan lomba miniatur pembangunan masa depan. Lomba yang diikuti oleh 9 peserta yang berasal dari SMK Negeri 2 Palembang, HMTS Universitas Bangka Belitung (UBB) dan HMS Universitas PGRI Palembang.

Ada lima kriteria (indikator) dalam penilaian tersebut yakni keunikan, kerapihan, kerja tim, tingkat kesulitan dan skala (proporsi). Berdasarkan hasil penilaian terpilih 3 pemenang, yakni : 1. HMTS A UBB (tema Pupli Casa), 2. HMTS E UBB (tema Mall), 3. Maverick Team dari SMKN 2 Palembang (tema Futuristic House).

Dengan adanya lomba miniatur pembangunan masa depan diharapkan dapat merangsang cara berpikir yang kreatif dan edukatif serta menginspirasi orang untuk berkontribusi pada pembangunan di masa depan. Lomba miniatur pembangunan masa depan bukan hanya tentang kemenangan, tetapi juga tentang proses pembelajaran dan pengembangan diri.