PkM Dosen Teknik Kimia UPGRIP Latih SMK Negeri 1 Jejawi Dalam Mengelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Sampah menjadi salah satu masalah terhadap lingkungan, pengolahannya yang tidak tepat menyebabkan penumpukan dan sumber penyakit, dan tentu saja mengganggu pemandangan. Jenis sampah organik menempati porsi yang cukup tinggi dari total laju produksi sampah. Kurang nya akan pengetahuan masyarakat terhadap pengolahan sampah organik menyebabkan pengelolaan sampah kurang dimanfaatkan secara optimal bahkan tetap saja dianggap sebagai sampah. Di sisi lain masyarakat belum sepenuhnya mengetahui bahwa sampah-sampah organik yang ada di rumah tangga tersebut bisa memiliki nilai guna apabila pengelolaan nya dapat di kelola dengan baik. 

Salah satu upaya untuk mengurangi volume sampah organik yaitu dengan mengelolanya menjadi Eco Enzyme. Dengan membuat Eco Enzyme, kita mengurangi produksi limbah kimia sintetis dan sampah plastik sisa kemasan produk rumah tangga pabrikan. Dengan membuat Eco Enzyme, kita telah berpartisipasi mengurangi beban bumi sekaligus menerapkan gaya hidup minim kimia sintetis. Strategi pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan menjadi salah satu aksi edukasi masyarakat dalam pengelolaan sampah menjadi salah satu cara untuk memecahkan permasalahan sampah organik. 

Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berlokasi di SMK Negeri 1 Jejawi, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan, dengan tema ”Pengenalan Eco Enzym dalam Penanganan Limbah Organik Rumah Tangga”. Kegiatan ini merupakan pengimplementasian salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan PkM yang dilaksanakan pada  hari Rabu (08/11/2023) ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Jejawi Al Azhar, S.Pd., M.Pd beserta staff, guru dan siswa-siswa SMKN 1 Jejawi, Dekan Fakultas Teknik UPGRIP yang diwakili oleh Wakil Dekan Abdul Azis, S.T., M.T serta tim PkM Teknik Kimia yang diketuai oleh Rully Masriatini, S.T., M.T yang beranggotakan : Dr. Muhammad Bakrie, M.T., Dr. Ir. Neny Rochyani, M.T., IPM., Asean. Eng., Aan Sefentry, S.T., M.T., Muhrinsyah Fatimura, S.T., M.T., Reno Fitriyanti, S.T., M.Si.., Nurlela, S.T., M.T., Dr. Ian Kurniawan, S.T., M.Eng., IPM., Asean.Eng.,  Dr. Nabila Aprianti, S.T., Dr. Rismansyah, S.E., M.Si dari LPPKM Universitas PGRI Palembang dan di bantu oleh 2 mahasiswa Reksa Kaunang Syahputra dan Irfan Nuru Hadi.

Kegiatan di mulai dengan menyampaikan berbagai materi mulai dari Rully Masriatini, S.T.,M.T. memaparkan tentang Definisi dan Klasifikasi Limbah Rumah Tangga, Nurlela, S.T., M.T. memaparkan tentang Sumber dan Macam Limbah Rumah Tangga, Reno Fitriyanti, S.T., M.T tentang Karakteristik Limbah Organik Rumah Tangga, Aan Sefentry, S.T., M.T. tentang Metode dan Teknik Pengolahan Limbah Organik Rumah Tangga.

Sedangkan, Dr. Ir. Neny Rochyani, S.T., M.T., IPM., Asean.Eng membahas tentang Pengenalan dan Pembuatan Eco Enzyme, Muhrinsyah Fatimura, S.T., M.T tentang Penanganan dan Penyimpanan Eco Enzyme., Dr. Ir. Muhammad Bakrie, M.T tentang Pemanfaatan Eco Enzyme Bagi Rumah Tangga, Dr. Nabila Aprianti, S.T tentang Pemanfaatan Eco Enzyme Bagi Kesehatan dan Dr. Ian Kurniawan, S.T.,M.Eng., IPM., Asean.Eng tentang Pemanfaatan Eco Enzyme Bagi Lingkungan.

Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat secara langsung terhadap pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan Eco-Enzyme yang dibuat dari menggunakan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan masyarakat seperti sampah buah dan sayuran. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mentransfer pengetahuan dan teknik pengolahan sampah organik menjadi Eco-Enzyme dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan.

Selain menyampaikan materi dalam kegiatan PkM, pada kesempatan ini dosen-dosen juga menyampaikan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Mulai dari pengenalan fakultas dan program studi yang ada, sarana dan prasarana yang di sediakan serta bermacam keunggulan Universitas PGRI Palembang yang tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lain.