Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Laksnakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Sebagai Langkah Untuk Meminimalisir Kekurangan Air Bersih Pada Masyarakat

Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi semua makhluk hidup. Karena tidak akan ada kehidupan bila tidak ada air, di mana seiring dengan bertambahnya populasi manusia kebutuhan air akan semakin banyak. Ketersediaan sarana dan prasarana pada suatu desa akan berdampak pada kualitas air dan kesehatan di desa tersebut. Hal ini mengartikan bahwa sarana dan prasarana adalah kebutuhan hal yang paling penting yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Banyak daerah-daerah yang saat ini tidak terjangkau air bersih dari PDAM, sehingga dalam pemenuhan air bersih masyarakat daerah-daerah tersebut melakukan individual treatment.Salah satunya yaitu dengan menggunakan teknologi sederhana, yang secara teknis tidak membutuhkan biaya tinggi, bahan-bahan bakunya mudah diperoleh dan setiap orang bisa mengaplikasikannya.

Menindaklanjuti kurangnya penyediaan air bersih di wilayah RW 05 Simpang Penimur Kelurahan Tebing Tanah Putih Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembangmencoba untuk meminimalisir keadaan tersebut denganmenciptakan alat penjernih air dengan menggunakan teknologi sederhana agar supaya masyarakat RW 05 Simpang Penimur Kelurahan Tebing Tanah Putih Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih bisa memaksimalkan pasokan air bersih yang ada di daerah tersebut.

Dipimpin oleh Ketua Tim Ir. Herri Purwanto, S.T., M.T., IPM dengan anggota : 1. Ir. Amiwarti, S.T., M.T., 2. Ir. Adiguna, S.T., M.Si.,3. Dr. Muhammad Firdaus, S.T., M.T., IPM, 4. Agus Setiobudi, S.T., M.Si., 5. Syahril Alzahri, S.T., M.T., IPM, 6. Reffanda Kurniawan, S.T., M.M., 7. Dr. Fathoni Usman, S.T., M.Eng, IPM, Asean.Eng, dengan mengusung tema “Sosialisasi Penyaringan Air Menggunakan Media Pipa PVC Dengan Sistem Backwash”, pada hari Sabtu (11/11/2023), Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dalam bentuk memberikan penyuluhan dan pengenalan alat pengolahan air dengan sistem penyaringan secara sederhana dan mudah dengan menggunakan media pipa PVC yang dirancang sendiri oleh dosen Program Studi Teknik Sipil.

Pada prinsipnya metode sistem penyaringan secara sederhana ini mempunyai kesamaan dengan penyaringan air tradisonal yang dibuat warga. Tetapi dengan menggunakan  penyaringan air dengan media pipa PVC dengan sistem backwash, warga tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dalam proses membersihkan alat tersebut. Sehingga warga RW 05 Simpang Penimur Kelurahan Tebing Tanah Putih Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih dapat lebih mudah dalam menjernihkan air sumur yang mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dengan efektif dan efisien.

Diharapkan dengan adanya pengabdian pada masyarakat oleh Program Studi Teknik Sipil tentang penyaringan air ini bukan hanya dapat memberikan informasi dan edukasi tetapi pengetahuan tersebut dapat diterapkan di masyarakat untuk mendapatkan air bersih yang aman dan sehat serta berdampak nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan PPM ini di tutup dengan penyerahan cindera mata berupa alat penyaring air dan pompa air.